Wisata Banyuwangi

Banyuwangi - Secara literal berarti air yang harum, yang dikaitkan dengan legenda lokal bernama (baca juga-red) Sri Tanjung. Kota diujung timur pulau Jawa di kawasan tapal kuda  ini adalah tempat fajar pertama terbit di pagi hari yang melemparkan sinar mentari penyambutannya di atas pulau Jawa, pulau hijau yang subur ini, juga merupakan pulau berpenduduk paling padat di Indonesia.

Kabupaten Banyuwangi membentang seluas 5.782.50 km persegi yang merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur  sekaligus menjadi yang terluas di pulau Jawa (sumber wikipedia)

Berbatasan dengan Kabupaten Jember dan Bondowoso di sebelah barat,Kabupaten Situbondo di utara ,selat Bali di timur,hingga Gunung Raung yang mengagumkan dengan ketinggian 3.282 meter.

Di pesisir kabupaten Banyuwangi terdapat pelabuhan Ketapang yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Bali.

Dianugrahi  oleh Tuhan pantai yang luar biasa indah yang belum banyak dijamah/dijelajahi, berikut tempat wisata Banyuwangi yang bisa dikunjungi

Tempat Wisata Banyuwangi:

1 Pantai Pulau Merah Banyuwangi
(Desa Sumberagung, Pesanggaran)
Pulau Merah atau sering disebut  sebagai Pantai Merah Banyuwangi telah memikat wisatawan dengan pantai berpasir yang lembut dan garis pantai yang panjang.


Pantai ini memiliki pulau kecil  yang tanah berwarna merah dan vegetasi hijau dengan bentuk seperti gunung kecil. Pada saat air nya surut, pengunjung dapat berjalan menyeberangi dan menjelajahi pulau dari dekat.
Hotel Dialoog Banyuwangi
Hotel Dialoog Banyuwangi
Asal usul nama kenapa disebut pulau merah,ini mungkin berasal dari orang-orang yang melihat ini dari berbagai sudut pandang yang berbeda . Dari warna tanah pulau itu, pasir kemerahan adalah campuran dari pasir putih dan tanah merah yang berasal dari pulau terdekat.

Ada yang menyebut bahwa nama itu berasal dari matahari terbenam yang memukau yang memandikan pantai dengan warna kemerahan.

Para wisatawan peselancar dari seluruh dunia juga datang ke sini untuk menguji. Dengan rata-rata ombak setinggi 2 meter, pantai ini sangat cocok untuk bermain  surfing. 

Meskipun Pantai Merah saat ini menjadi  populer untuk destinasi wisata Banyuwangi akhir pekan keluarga, akan tetapi  berenang tidak dianjurkan di sini karena gelombang kuat Samudra Hindia.

Cara menuju Pantai Pulau Merah:
Wisata Banyuwangi - Pantai ini mudah diakses dari kota Banyuwangi,terletak sekitar 60 kilometer di selatan kota dan cukup menghabiskan  waktu sekitar dua setengah jam perjalanan untuk mencapai garis pantai yang luar biasa ini.

Penulis bersama keluarga kebetulan pada saat wisata Banyuwangi ke pantai pulau merah ini berangkat dari rumah di kecamatan Genteng - Banyuwangi dan perjalanan kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan hingga mencapai Pulau Merah Banyuwangi.


2 Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
(Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran)

Berlibur dengan keluarga tercinta dengan bermain di pantai yang memiliki pasir hitam vulkanik campuran dengan pasir putih mutiara yang bersih. Dalam bahasa Jawa, "wedi" berarti pasir dan "ireng" berarti hitam.

Wedi Ireng adalah salah satu eden tersembunyi. Dengan pemandangan yang indah, pantai yang tenang ini sangat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam.

Berenang, snorkeling, atau sekedar bersantai di pantai ini akan membawa kenangan yang terindah  tentang Banyuwangi. Sambil menikmati waktu di waktu luang

Pastikan keamanan diri anda dan keluarga, jadi harap memperhatikan  batas-batas dan tanda peringatan tentang ombak.

Pulau terdekat juga terlihat dari pantai, dan dapat dikunjungi. Beberapa kedai/warung makanan menawarkan makanan dan minuman seperti es kelapa muda nya yang segar tersedia bagi anda untuk mencoba dengan harga yang normal tidak mahal.

Cara menuju ke Pantai Wedi Ireng:
Wisata di Banyuwangi - Wedi Ireng berjarak sekitar 3 km dari Pulau Merah atau sekitar 65 km selatan dari Banyuwangi kota. Anda dapat menyewa rental mobil di banyuwangi atau sepeda motor dan menuju ke arah The Red Beach (Pantai Merah) jika anda tidak membawa kendaraan bermotor pribadi, yang akan menempuh waktu sekitar 2,5 jam berkendara.
Hotel Sahid Osing Kemiren Banyuwangi,Indonesia
Hotel Sahid Osing Kemiren, Banyuwangi
Sebelum anda melihat tanda pintu masuk ke pantai merah, belok kanan dan langsung menuju ke Pantai Mustika.


Di Pantai Mustika anda dapat membeli tiket perahu di loket info seharga Rp.25.000* / orang sekali jalan ke Wedi Ireng. Perjalanan dengan perahu membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

3 Pantai Sukamade Banyuwangi
(Desa Sarongan, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran Banyuwangi)
Pantai Sukamade Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi
Adalah kawasan konservasi yang penting, karena hampir setiap malam sepanjang tahun, penyu laut mendarat di sini dari laut ke pantai berpasir untuk bertelur. Meskipun ada pantai lain di dalam taman tetapi tampaknya kura-kura telah memutuskan untuk membuat rumput mereka di kawasan ini.

Taman dan pantai dilindungi sepanjang waktu oleh penjaga taman. Penangkaran penyu khusus juga dibangun untuk memastikan keamanan telur. 

Sungguh pengalaman unik dan menakjubkan untuk dapat menyaksikan makhluk-makhluk indah yang lucu ini perlahan mendarat di pantai di bawah sinar bulan purnama dan meletakkan ratusan telur berharga mereka.

Penyu hijau biasanya tiba sekitar 19.30 malam dan kembali ke laut sekitar tengah malam. Bermalam lah di penginapan setempat untuk menyaksikan peristiwa alam ini di malam hari. 

Cara menuju Pantai Sukamade Banyuwangi:
Pantai Sukamade sekitar 95 km barat daya Banyuwangi. Anda harus menyetir sedikit melewati jalan yang agak sedikit  kasar, dan menyeberangi beberapa sungai, sebuah perjalanan yang membutuhkan "kendaraan 4-wheel drive" atau SUV besar yang dibangun untuk medan off road.

Akan lebih mudah untuk menyewa pemandu lokal yang memiliki transportasi yang sesuai yang diperlukan. Perjalanan ke Sukamade memakan waktu sekitar 3-4 jam. Tetapi  tidak usah khawatir, karena Anda pasti akan menikmati rute indah yang berganti-ganti dari hamparan sawah dan perkebunan, ke tebing dan pantai.


4 Pantai Teluk Hijau Banyuwangi
(Desa Sarongan, Taman Nasional Meru Betiri, Pesanggaran)
Pantai Teluk Hijau di Banyuwangi
Teluk Hijau Banyuwangi
Teluk Hijau atau Green Bay adalah keajaiban menawan lainnya di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi. Nikmati pemandangan air biru kehijauan dan garis pantai pasir putih yang didukung oleh hutan hijau subur yang indah.

Ini adalah tempat yang tenang, bersih dan tenang untuk bermain main di pasir. Air terjun kecil dan aliran dingin segar menyediakan pancuran alami untuk membersihkan diri dari air asin.

Ada beberapa ekor  monyet mungkin tampak menyapa Anda, Juga jangan lupa  membaca pesan di pantai di pintu masuk yang mengatakan: Jangan tinggalkan apa pun kecuali jejak kaki.

Jangan mengambil apa pun kecuali foto. Mari jaga kebersihan lingkungan untuk mempertahankan pesona alaminya.

Petunjuk arah ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi:
Untuk tiba di tepi pantai Green Bay Banyuwangi, pengunjung dapat memilih sejumlah pilihan: melalui darat atau laut. Perjalanan darat membutuhkan transportasi offroad dengan pengemudi dan pengemudi yang terampil. Pilihan kedua adalah mendekati pantai lewat laut.

Anda dapat berkendara menuju pantai Rajegwesi, dan kemudian melanjutkan dengan perahu nelayan tradisional untuk tiba di pantai Green Bay. Pastikan  menyewa pelampung untuk membuat tetap aman dalam perjalanan.

Ada juga jalur trekking yang lebih menantang jika ingin menjelajahi lingkungan sebelum menabrak air biru jernih.


5 Pantai Senggrong Banyuwangi
(Taman Nasional Alas Purwo) Senggrong, demikian penduduk setempat menyebutnya, juga dikenal sebagai Teluk Biru atau Teluk Banyu Biru.

Ini penuh dengan kehidupan laut, dengan karang warna-warni sebagai rumah bagi banyak ikan dan hewan  laut dan berwarna-warni lainnya: tempat snorkeling yang sempurna untuk menemukan surga bawah laut.

Tidak banyak pengunjung yang datang ke perairan jernih yang memukau ini, karena lokasinya yang terpencil. Ini hanya bisa dicapai melalui laut lebih baik anda tiba di sini antara subuh hingga tengah hari, untuk menghindari pasang naik tiba-tiba yang biasanya datang di sore hari.

Anda dapat mengalami matahari terbit di tengah lautan ketika Anda berangkat sekitar pukul 2 pagi. Daerah ini juga dilindungi oleh komunitas konservasi, yang sudah berkomitmen  untuk menyelamatkan kelestarian bawah laut. Berbagai kegiatan menyelamatkan keajaiban alam ini termasuk transplantasi terumbu karang.

Panduan menuju ke Pantai Senggrong:
Terletak di kecamatan Muncar Banyuwangi  yang merupakan daerah laut penghasil ikan terbesar,di belakang semenanjung Sembulungan, pulau ini masih dalam batas Taman Nasional Alas Purwo.

Purwo Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo secara harfiah berarti "Hutan alami". Jalur akses utama ke taman adalah desa Triangulasi yang terletak sekitar 80 km tenggara Banyuwangi.

Sebelum berkunjung, anda harus mendapatkan izin dari kantor taman nasional di Banyuwangi. Alamatnya di Jl A Yani 108, nomor telepon +62 333 428675, serta untuk mendapatkan saran terbaik untuk perjalanan di sana.


6 Parang Ireng Banyuwangi
(Taman Nasional Alas Purwo)
Pantai Parang Ireng Banyuwangi memiliki karakter paling unik dilihat dari atas pantai. Setelah perjalanan melalui hutan hujan yang lebat, anda akan menginjakkan kaki di pantai berpasir seperti lada, di mana langkah anda akan tenggelam. 
Menyambut anda di sisi kiri adalah pantai yang jernih dengan ombak biru yang berbisik. Sementara di sebelah kanan adalah formasi batuan dan karang yang menakjubkan, kaya warna hitam, hijau, dan warna merah.

Sebuah batu hitam besar yang diyakini sebagai lava beku telah menyebabkan penduduk setempat menyebut tempat ini Parang Ireng atau Black Reef.

Panaroma gabungan memberi kita sensasi duniawi lainnya. Tidak ada tanda yang jelas untuk menentukan lokasi ini, jadi harus menanyakan arah ke penduduk setempat atau petugas Taman Nasional.

Rute menuju ke Pantai Parang Ireng:
Dari Rogojampi di Banyuwangi, terus ke Srono-Muncar dan Tegaldimo selama sekitar 2 jam. Dari Tegaldimo, ini adalah perjalanan 1 jam lagi sebelum anda mencapai pintu masuk ke Taman Nasional Alas Purwo.


7 Pantai Plengkung atau G-land
(Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi)
Pantai Plengkung Alas Purwo Banyuwangi
Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi
Secara internasional dikenal sebagai G-land, pantai Plengkung terletak di Taman Nasional Alas Purwo. Ini adalah surga peselancar yang telah mendapatkan ketenarannya sebagai "Seven Giant Waves Wonder," menjadi serangkaian tujuh gulungan ombak besar setinggi lebih dari enam meter, ideal dari semua peselancar profesional.

Huruf G berarti Grajagan, nama teluk tempat ombak besar dapat ditantang karena selatan kota Banyuwangi. Pantai ini terletak di tepi hutan hujan lebat, dan menawarkan keterampilan selancar yang paling menuntut di dunia. Karena risikonya, berselancar di pantai khusus ini harus dilakukan oleh para profesional saja.

Ada juga camp surfer di sini untuk pengunjung. Tetapi jika tidak tertarik untuk berselancar, cukup berdiri  di tepi laut sambil menyaksikan ikatan menakjubkan antara alam dan keajaibannya dengan peselancar  melalui sensasi olahraga mengarungi ombak.

Pedoman menuju ke Pantai Plengkung:
Jika ingin berkunjung ke sini baik sebagai wisatawan ataupun seorang peselancar yang tangguh, memang cara termudah adalah dari Bali, karena ada feri yang menyeberang langsung ke G-land. Informasi dapat diperoleh di perusahaan-perusahaan surfing di Bali.

Tapi, anda juga bisa mencoba rute darat, yang cukup berat. Sewa mobil atau naik angkutan umum dari Banyuwangi ke Kalipahit (59km), kemudian lanjutkan dengan bus ke Kalipahit Pasaranyar (3km) dan dengan ojek atau menyewa mobil, Pasaranyar-Trianggulasi (12km), Trianggulasi-Pancur-Plengkung / G-Land.

Atau dapat mengambil rute alternatif dari Banyuwangi-Benculuk (35km) dengan bus, Benculuk Grajagan (18km) dengan bus atau transportasi umum, kemudian Grajagan-Plengkung dengan speedboat.

Demikian artikel tentang Wisata Banyuwangi, semoga memberi manfaat.


Jika memerlukan informasi penginapan di Banyuwangi silahkan baca halaman postingan Daftar Hotel di Banyuwangi


>>Sumber berita dari kompasiana 


     

2 Responses to "Wisata Banyuwangi"

  1. Banyuwangi menarik nih untuk dikunjungi, banyak pilihan destinasi wisata banyuwangi eksotis :)

    Regards,
    Dee Rahma (http://heydeerahma.com)

    ReplyDelete
  2. Kapan lagi ya bisa menikmati destinasi wisata banyuwangi yang eksotis :)

    Regards,
    PlesirDunia.com

    ReplyDelete

Kebijakan Berkomentar:
Jika ada yang masih kurang jelas, Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.