Blog Balkon Hotel dilaporkan ke Google DMCA

DMCA Google - Artikel kali ini membahas tentang blog Balkon Hotel dilaporkan ke Google DMCA bersama dengan rombongan 79 (tujuh puluh sembilan blog / website) oleh seseorang yang tidak dikenal dan tentunya tidak sangat bertanggung jawab. 

Balkonhotel dilaporkan ke Google DMCA - Entah apa yang terjadi dengan jiwa sang pelapor ini..mungkin saya rasa si pelapor sedang berada dalam kondisi tidak sehat (lelah), untuk itu saya secara pribadi mendoakan semoga si pelapor dan keluarga diberi kesehatan dan rejeki yang melimpah ruah dari Allah SWT.

Blog Balkon Hotel dilaporkan ke Google DMCA
Google DMCA
Baiklah kembali lagi ke topik Blog BalkonHotel dilaporkan ke Google DMCA, saat itu saya sedang bersantai dan bercengkrama dengan anak istri kemudian terdengar bunyi pesan suara dari Hp lalu saya baca email dari Google dengan kalimat cuplikan sebagai berikut :

Pemberitahuan penghapusan DMCA dari Google Penelusuran

Yth: Webmaster https://www.balkonhotel.com/,

Google telah menerima pemberitahuan, sesuai dengan ketentuan Digital Millennium Copyright Act (DMCA), bahwa beberapa materi yang ditemukan di situs Anda diduga melanggar hak cipta orang lain. Kami sedang dalam proses menghapus materi yang diduga melanggar hukum tersebut dari hasil Google Penelusuran.

Pemberitahuan yang kami terima, dengan informasi pengenal pribadi yang dihapus, dapat ditemukan di situs web Lumen, agregator keluhan hukum pihak ketiga, di https://www.lumendatabase.org/notices/18914163

Harap diperhatikan bahwa mungkin perlu waktu beberapa minggu agar pemberitahuan diposkan di laman di atas.

catatan: Url yang terpengaruh sudah saya ganti dengan url template blogger responsive

Setelah saya baca email Google tersebut diatas, tentunya saya merasa heran dan aneh  karena dituduh melanggar hak cipta orang lain, hak cipta orang lain yang mana saya langgar?? ..

Email dari  Google DMCA
SS email dari Google DMCA


Karena penasaran kemudian link yang yang tercantum di dalam email google tersebut yaitu link www.lumendatabase.org saya klik, setelah saya klik ternyata isi laporan dari seseorang bernama sugengid kepada DMCA Google juga melaporkan blog blog atau website orang lain sejumlah 79 (TUJUH PULUH SEMBILAN) Blog dengan laporannya yang isi nya sama sebagai berikut:
"Blog berikut ini telah membagikan produk berbayar milik saya untuk template blogger premium VIOMAGZ seharga Rp.200.000 tolong hapus situs tersebut"
Setelah saya baca laporan dari si oknum sugengid  ke DMCA Google saya tersenyum dan heran sekaligus bingung dengan DMCA dan Google, kok bisa bisa nya google (yang kata nya pintar) menerima begitu saja laporan TANPA ada bukti.. kami bersama 79 blog yang lain di tuduh membagikan template...Buktinya mana????

Ohya si Oknum pelapor dengan nick sugengid ini tentu sangat jelas BUKAN pemilik template yang asli bernama Sugeng.id. Sebab Mas Sugeng.id sendiri selaku pemilik template VioMagz juga dilaporkan ke Google DMCA.

Bagi saya pribadi tidak masalah di hapus oleh sang penguasa Google walaupun blog saya ini terdaftar di Google Adsense (Baca juga Tips cara diterima Google adsense), tapi tentunya harus ada bukti yang mendasar (jangan sepihak). 

Untuk sang pahlawan kesiangan bagi DMCA Google yaitu si pelapor,saya ucapkan selamat atas laporan "palsu" anda semoga kamu sukses diatas penderitaan orang lain. Dan perlu anda (pelapor) ketahui Blog BalkonHotel menggunakan template Original VioMagz yang saya beli langsung ke Mas Sugeng.id.

Update terbaru: Tanggal 14 Agustus 2019 saya menerima email balasan  dari Google yang menyatakan bahwa tuduhan dari si Oknum pelapor TIDAK terbukti dan memulihkan konten yang dilaporkan.

2 Responses to "Blog Balkon Hotel dilaporkan ke Google DMCA"

  1. Wah, seru nih bahasannya, mumpung lagi hot. Btw beneran sampai 70+ yg dilaporin? banyak juga yah!

    Tadinya saya juga mau buat artikel curhat semacam ini, soalnya dari dulu ngeblog baru kali ini bermasalah sama DMCA ato kena warning Google. Kaget juga sih pas dapet teguran, apalagi datengnya dari Google Adsense. Alhamdulillah sih masih aman meski deg-degan juga.

    Tapi dari sini saya baru tahu proses takedown DMCA itu ternyata sepihak aja. G ada peringatan, gak ada banding dulu, artikel bisa langsung ilang dari Google begitu aja. Mungkin ini nih yang jadi alasan kenapa jadi banyak yang ngaku mas Sugeng dan jatohin semua artikel berbau Viomagz. Saya curiganya sih ada yang pertama kali kena takedown balas dendam ke konten lain yang isinya mirip, jadi kyk efek domino. Parahnya, situsnya mas Sugeng juga kena lapor dan ada satu kontennya yang dihapus sama Google.

    Tapi ternyata gak cuma templatenya mas sugeng aja, templatenya Kompi Ajaib sama Igniel juga mulai ada yang gempur pakai DMCA. Sayang, padahal tadinya saya mau konsen ke keyword "template blogger", tapi kalau cara mainnya begini sulit juga.

    Btw seneng sama cara elegan masnya dlm menghadapi persoalan ini, memang mending didoain aja pelapornya supaya rejekinya lancar biar gak perlu main begini-beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, iya betul ada 79 blog yang serombongan dengan Balkonhotel termasuk blog mas Syafiq sendiri hehe di nomor urut 7. Dengan tuduhan menyebarkan Template dan parahnya pak DMCA Google main percaya aja atas tuduhan yang sama sekali tanpa bukti.Yang salah sistem Google DMCA nya karena siapapun bisa melakukan hal seperti ini

      Delete

Kebijakan Berkomentar:
Jika ada yang masih kurang jelas, Silahkan tuliskan komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.